Dalil Tentang Iman Kepada Malaikat Allah Beserta Lafal dan Artinya
Allah SWT melalui beberapa ayat-ayat Al-Qur’an mengisahkan keberadaan malaikat-malaikatnya.
Berikut ini dalil tentang iman kepada malaikat Allah beserta lafal dan artinya:
Surah Al-Baqarah Ayat 285
اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ ٢٨٥
“Rasul [Muhammad] beriman pada apa [Al-Qur’an] yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang mukmin. Masing-masing beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. [Mereka berkata], ‘Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.’ Mereka juga berkata, ‘Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, wahai Tuhan kami. Hanya kepada-Mu tempat [kami] kembali,’”(QS. Al-Baqarah [2]: 285).
Surah Al-Anbiya Ayat 27
لَا يَسْبِقُوْنَهٗ بِالْقَوْلِ وَهُمْ بِاَمْرِهٖ يَعْمَلُوْنَ ٢٧
“Mereka tidak berbicara mendahului-Nya dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya,”(QS. Al-Anbiya [21]: 27).
Surah Az-Zukhruf Ayat 19
وَجَعَلُوا الْمَلٰۤىِٕكَةَ الَّذِيْنَ هُمْ عِبٰدُ الرَّحْمٰنِ اِنَاثًا ۗ اَشَهِدُوْا خَلْقَهُمْ ۗسَتُكْتَبُ شَهَادَتُهُمْ وَيُسْـَٔلُوْنَ ١٩
“Mereka menganggap para malaikat, hamba-hamba [Allah] Yang Maha Pengasih itu, berjenis perempuan. Apakah mereka menyaksikan penciptaannya? Kelak kesaksian [yang mereka karang sendiri itu] akan dituliskan dan akan dimintakan pertanggungjawaban,”(QS. Az-Zukhruf [43]: 19).
Surah Al-Furqan Ayat 21-22
۞ وَقَالَ الَّذِيْنَ لَا يَرْجُوْنَ لِقَاۤءَنَا لَوْلَآ اُنْزِلَ عَلَيْنَا الْمَلٰۤىِٕكَةُ اَوْ نَرٰى رَبَّنَا ۗ لَقَدِ اسْتَكْبَرُوْا فِيْٓ اَنْفُسِهِمْ وَعَتَوْ عُتُوًّا كَبِيْرًا ٢١ يَوْمَ يَرَوْنَ الْمَلٰۤىِٕكَةَ لَا بُشْرٰى يَوْمَىِٕذٍ لِّلْمُجْرِمِيْنَ وَيَقُوْلُوْنَ حِجْرًا مَّحْجُوْرًا ٢٢
“Orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami [di akhirat] berkata, ‘Mengapa tidak diturunkan kepada kita malaikat atau [mengapa] kita [tidak] melihat Tuhan kita?’ Sungguh, mereka benar-benar telah menyombongkan diri dan melampaui batas (kezaliman) yang sangat besar. [Ingatlah] hari [ketika] mereka melihat para malaikat. Pada hari itu tidak ada kabar gembira bagi para pendosa dan mereka [para malaikat] berkata, ‘Sungguh terlarang bagi kamu [kabar gembira].’”(QS. Al-Furqan [25]: 21-22).
Surah At-Takwir Ayat 23
وَلَقَدْ رَاٰهُ بِالْاُفُقِ الْمُبِيْنِۚ ٢٣
“Sungguh, dia [Nabi Muhammad] benar-benar telah melihatnya [Jibril] di ufuk yang terang,”(QS. Al-Takwir [81]: 23).
Surah An-Najm Ayat 13
وَلَقَدْ رَاٰهُ نَزْلَةً اُخْرٰىۙ ١٣
“Sungguh, dia [Nabi Muhammad] benar-benar telah melihatnya [dalam rupa yang asli] pada waktu yang lain,”(QS. An-Najm [53]: 13).
Surah Maryam Ayat 16-17
وَاذْكُرْ فِى الْكِتٰبِ مَرْيَمَۘ اِذِ انْتَبَذَتْ مِنْ اَهْلِهَا مَكَانًا شَرْقِيًّا ۙ ١٦ فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُوْنِهِمْ حِجَابًاۗ فَاَرْسَلْنَآ اِلَيْهَا رُوْحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا ١٧
“Ceritakanlah [Nabi Muhammad] kisah Maryam di dalam Kitab [Al-Qur’an], [yaitu] ketika dia mengasingkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur [Baitulmaqdis]. Dia [Maryam] memasang tabir [yang melindunginya] dari mereka. Lalu, Kami mengutus roh Kami [Jibril] kepadanya, kemudian dia menampakkan diri di hadapannya dalam bentuk manusia yang sempurna,(QS. Maryam [19]: 16-17).
Di banyak bagian komunitas Pagan, sebutkan kata "warlock" dan Anda akan disambut dengan cibiran dan kepala yang tidak setuju. Sebutkan pada teman-teman non-Pagan Anda, dan mereka akan secara otomatis memikirkan penjahat film seperti Julian Sands, atau penyihir jahat dari Charmed . Jadi apa masalahnya dengan kata warlock ? Mengapa itu dianggap sebagai hal yang negatif dalam Paganisme modern?
Mari kita lihat persepsi berbeda tentang warlock .
Ada satu variasi yang dituduhkan sebagai terjemahan kata Saxon, wǣrloga yang berarti "pemecah sumpah." Tentu saja, tidak ada yang ingin disebut pemecah sumpah, sehingga orang-orang cenderung mengangkat senjata tentang penggunaan warlock . Akibatnya, banyak Wiccan dan Pagan cenderung menjauhkan diri dari kata.
Dalam buku An ABC of Witchcraft oleh Doreen Valiente, penulis menyatakan bahwa kata itu berasal dari Skotlandia, tetapi tidak ada penjelasan lebih lanjut. Penulis lain mengatakan bahwa istilah itu awalnya digunakan di Skotlandia untuk mengartikan seorang pria yang licik, atau seorang penyihir laki-laki, tetapi bahwa dalam beberapa abad terakhir ini telah bergeser untuk memiliki konotasi negatif. Dalam beberapa tahun terakhir, kamus telah memperluas maknanya, termasuk definisi "pembohong" dalam penjelasannya.
Beberapa di antaranya mungkin ada hubungannya dengan salah tafsir makna oleh para biarawan yang mencoba mengubah orang Skotlandia dari agama Pagan awal mereka menjadi Kristen.
Lagi pula, jika seorang pria licik klan disebut sebagai penyihir, dan aktivitasnya jelas bertentangan dengan ajaran gereja-gereja Kristen, maka jelas kata warlock harus memiliki konotasi jahat.
Beberapa pagan mencoba untuk merebut kembali kata warlock , seperti komunitas GLBT telah mengambil kembali aneh dan tanggul .
Sebagian karena ini, teori yang telah mendapatkan popularitas adalah bahwa warlock mungkin berakar pada mitologi Nordik. Dalam salah satu eddas puitis, lagu sakral yang disebut Vardlokkur dinyanyikan, untuk mengusir roh jahat selama upacara keagamaan. Idenya adalah bahwa Vardlokkur , sebagaimana diterapkan pada seseorang, adalah "penyanyi mantra", bukan pembohong atau pemecah sumpah. Termasuk sebagai bagian dari praktek seidhr, Vardlokkur dilantunkan tidak hanya untuk menjaga roh jahat di teluk, tetapi juga untuk membawa penyanyi ke keadaan seperti trans untuk tujuan bernubuat.
Dalam esai 2004 di WitchVox, penulis RuneWolf mengatakan dia baru-baru ini mulai menyebut dirinya sebagai seorang penyihir, dan alasannya sederhana. Dia mengatakan, "Kami diberitahu oleh banyak Penyihir modern, terutama mereka yang terlibat dengan berbagai rasa Feminisme Wicca dan Sihir, bahwa kita" merebut kembali kekuatan dan makna positif dari kata 'Penyihir' setelah berabad-abad penindasan dan penistaan patriarkal. " Keren - Saya benar-benar kecewa dengan itu, jadi mengapa tidak melakukan hal yang sama untuk "Warlock?"
Jackson Warlock, yang menjalankan blog Reclaiming Warlock, mengatakan, "Tidak semua pria Pagan - atau orang lain yang mempraktikkan Sihir - merebut kembali Warlock. Saya sama sekali tidak mempromosikan penggunaan istilah untuk merujuk pada pria yang lebih suka dipanggil "Penyihir." Dalam kasus saya sendiri, saya mendapatkan kembali "Warlock" dan cenderung tidak suka disebut "Penyihir" karena konotasinya dan getaran individu.
"Warlock" terasa lebih "benar" karena itu menghasilkan kekuatan yang lebih maskulin, sesuatu yang menarik bagi saya karena praktik pribadi saya sangat berakar pada maskulin suci. "
Akhirnya, kata warlock digunakan dalam beberapa tradisi yang terikat pada Wicca yang berarti mengikat atau mengikat. Orang yang mengikat seorang inisiat selama upacara terkadang disebut sebagai penyihir, atau ikatan itu sendiri adalah penyihir.
Jadi - apa artinya bagi para pagan dan Wicca saat ini? Dapatkah seorang penyihir laki-laki atau penyihir menyebut dirinya sebagai seorang penyihir tanpa banyak pengaruh negatif dari yang lain di komunitasnya? Jawabannya sederhana. Jika Anda ingin menggunakannya, dan Anda dapat membenarkan penggunaan kata tersebut untuk diterapkan pada diri Anda, maka lakukanlah. Bersiaplah untuk membela pilihan Anda, tetapi pada akhirnya, itu panggilan Anda.
Untuk informasi lebih lanjut, ada analisis yang sangat baik tentang penggunaan kata dalam literatur Skotlandia oleh Burns dan yang lainnya, di situs BBC H2G2.
RHEMA HARI INI Ibrani 11:6 Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.
Hari itu, setelah pulang sekolah menggunakan kendaraan umum, Dina duduk bersebelahan dengan seorang yang berbeda keyakinan. Pada awalnya, keduanya hanya saling diam, namun tiba-tiba saja, pria yang duduk di sebelah Dina memulai percakapan. Dalam perbincangan mereka, mereka sampai pada suatu pertanyaan mengejutkan, “Orang Kristen itu Tuhannya tiga, ya, Mbak?” Pertanyaan tersebut membuat Dina terkejut. Dina yang masih duduk di bangku kelas 2 SMA itu cukup kebingungan untuk menjelaskan tentang Allah Tritunggal.
Berbekal pelajaran agama di sekolah, Firman Tuhan yang ia dengar dan baca, Dina berusaha menjelaskan pada Bapak tersebut. Perdebatan pun terjadi, karena si Bapak masih menganggap bahwa Tuhannya orang Kristen ada 3. Dina tetap berusaha meyakinkan bahwa Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus itu adalah pribadi yang sama, artinya Tuhan hanya ada satu dengan 3 Pribadi yang berbeda. Bapak itu pun terus meminta Dina untuk membuktikan bahwa Allah hanya ada satu saja.
Ya, ketritunggalan Allah memang harus diterima dengan iman percaya. Sebaik apapun kita berusaha menjelaskan kepada orang yang tidak percaya, maka penjelasan kita itu tidak akan memberi dampak yang berarti. Itu sebabnya konsep Tritunggal Allah harus kita terima dengan iman percaya. Ketika hati kita mau terbuka dan percaya, maka Roh Kudus akan terus memperjelas ketritunggalan Allah kepada kita. Seiring dengan berjalannya waktu, kita akan semakin mengenal Tuhan dengan lebih dalam dan kita akan memperoleh berkat yang semakin berlipatganda melalui pengenalan kita itu. (LEW)
RENUNGAN: Kalau kita mau MENGALAMI Allah Bapa, Allah anak, dan Allah Roh Kudus, maka kuncinya adalah PERCAYA.
APLIKASI 1. Apakah Anda percaya bahwa kita memiliki Allah Tritunggal? Jika belum, mengapa? 2. Menurut Anda, mengapa Allah harus memiliki ketritunggalan dalam hidup kita? 3. Komitmen apa yang akan Anda ambil supaya Anda bisa mengalami Pribadi Tritunggal Allah?
DOA UNTUK HARI INI Tuhan, kami bersyukur karena ketritunggalan-MU membuat kami dapat mengalami kehidupan yang senantiasa sejalur dengan rencana-MU. Kami mau membuka hati kami untuk terus mengenal-MU lebih dan lebih dalam lagi. Kami percaya anugerah-MU akan terus bertambah dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin
BACAAN ALKITAB SETAHUN Mazmur 57-59; Roma 4
Bola.com, Bangkok - Langkah Firman Abdul Kholik dalam turnamen Thailand Masters 2016 harus terhenti. Firman menyerah dari unggulan keenam, Ng Ka Long Angus, dengan skor 15-21, 14-21 pada babak 16 besar di Nimibutr Stadium, Rabu (10/2/2016).
Firman mengakui kehebatan pemain asal Hong Kong tersebut. Menurut pria asal Banjar ini, Ng Ka Long Angus lebih cepat dan kuat ketimbang dirinya.
"Saya merasa kalah cepat juga. Ng pergerakannya cepat sekali. Saya mencoba mengimbangi kecepatan dia, tetapi saya terus tertinggal," ungkap Firman seperti dikutip situs resmi PBSI.
Kekalahan ini memberikan pelajaran berharga buat pemain 18 tahun tersebut. Firman merasa perlu meningkatkan kekuatan fisik dan kecepatan.
"Saya harus menambah power dan kecepatan saya, karena itu yang paling penting untuk memperbaiki penampilan saya," tutur Firman.
Sementara itu, asisten pelatih tunggal putra PBSI, Deni Danuarji, mengakui Firman terus mendapat dari tekanan dari Ng Ka Long Angus. Itu disebabkan Firman kalah kekuatan fisik.
"Sebagai bahan evaluasi, Firman harus digenjot lagi latihan fisik dan kekuatan tangannya," kata Deni.
Un convenio de cooperación técnica que contempla promover la asistencia humanitaria como un área potencial para el establecimiento de nuevas oportunidades de negocios, firmó el Ministerio de Gobierno (Mingob) y el Consejo Empresarial Logístico de Panamá (COEL).
El acuerdo también establece en conjunto actividades de transferencia de conocimientos, capacitación, intercambio de experiencia, y lecciones aprendidas con aplicables tanto logística humanitaria como en la logística comercial.
El acuerdo firmado entre la ministra de Gobierno, Janaina Tewaney Mencomo y el presidente de COEL, Antonio García Prieto, representa el inicio de ayuda con el Centro Logístico Regional de Asistencia Humanitaria (CLRAH), que realiza acciones a fin de brindar la visibilidad de las operaciones de logísticas humanitarias que se desarrollan a nivel nacional y regional en las cadenas de suministros humanitaria.
La Ministra de Gobierno señaló que el manejo logístico es de gran importancia para el Mingob y para el posicionamiento del Hub Humanitario en la región, facilitando la asistencia y ayuda humanitaria de forma efectiva.
Por su parte, el presidente de COEL, Antonio García Prieto, subrayó que este convenio cooperación es para propiciar los espacios necesarios para el desarrollo del Hub Humanitario de las Américas, y a través de su dirección buscar los espacios al sector privado para promover y servir de enlace a través de todos los gremios
Publicado por: Ricardo Archibold / Fotos: Samuel Saucedo
Wir verwenden Cookies und Daten, um
Wenn Sie „Alle akzeptieren“ auswählen, verwenden wir Cookies und Daten auch, um
Wenn Sie „Alle ablehnen“ auswählen, verwenden wir Cookies nicht für diese zusätzlichen Zwecke.
Nicht personalisierte Inhalte und Werbung werden u. a. von Inhalten, die Sie sich gerade ansehen, und Ihrem Standort beeinflusst (welche Werbung Sie sehen, basiert auf Ihrem ungefähren Standort). Personalisierte Inhalte und Werbung können auch Videoempfehlungen, eine individuelle YouTube-Startseite und individuelle Werbung enthalten, die auf früheren Aktivitäten wie auf YouTube angesehenen Videos und Suchanfragen auf YouTube beruhen. Sofern relevant, verwenden wir Cookies und Daten außerdem, um Inhalte und Werbung altersgerecht zu gestalten.
Wählen Sie „Weitere Optionen“ aus, um sich zusätzliche Informationen anzusehen, einschließlich Details zum Verwalten Ihrer Datenschutzeinstellungen. Sie können auch jederzeit g.co/privacytools besuchen.
Media Sosial Kami babelprov.go.id
Apakah artinya bahwa Tritunggal adalah Allah dalam tiga Pribadi?
tirto.id - Dalil tentang iman kepada malaikat Allah beserta lafal dan artinya di antaranya Surah Al-Baqarah ayat 285, Al-Anbiya ayat 27, Az-Zukhruf ayat 19, Al-Furqan ayat 21-22, At-Takwir ayat 23, An-Najm ayat 13, hingga Maryam ayat 16-17.
Iman kepada malaikat Allah merupakan rukun iman yang ke-2. Setiap muslim harus menyakinkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan melalui perbuatan, bahwa Allah SWT telah menciptakan malaikat-malaikatnya.
Malaikat memiliki asal kata dalam bahasa Arab malak yang berarti kekuatan.
Dilansir laman NU Online, sebagai ulama mempercayai bahwa kata malak merujuk pada lafal alaka yang berarti mengurus atau utusan. Dari pernyataan tersebut dapat dimaknai bahwa malaikat adalah utusan Allah Swt.
Malaikat diciptakan Allah SWT dari nur (cahaya), berbeda dengan manusia yang dihidupkan dari tanah.
Malaikat merupakan makhluk yang tidak pernah ingkar kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, malaikat bersifat maksum atau terhindar dari perbuatan dosa.